5 Tehnik Olahraga Ketepatan Panahan, Yang Harus Kamu Tahu

olahraga ketepatan

Memanah saat ini telah jadi satu diantara olahraga yang popular di jaman saat ini. Oleh karena itu, tak perlu cemas bila ingin pelajari Olahraga ketepatan satu ini, sebab bahkan juga di sekolah-sekolah di Indonesia, banyak ekstrakurikuler panahan.

Walau tidak termasuk gampang untuk dipelajari, tetap olahraga ini dapat dipelajari oleh siapa saja dengan penuh ketekunan dan kesabaran.

Pokok dari memanah ialah tembakkan anak panah ke target, konsentrasi, konsentrasi, dan kesemibangan. Pasti harus juga kuasai Tehnik panahan tersebut, agar sampai hasil yang maksimal, evaluasi dengan telaten latihan ialah kuncinya.

Jadi bagaimana Tehnik memanah yang benar dan baik? Tersebut penuturannya.

baca juga Olahraga Panahan
baca juga Toko Panahan
baca juga Busur Panahan

1. Sikap Berdiri/Stance Dalam Olahraga Ketepatan

olahraga ketepatan

Satu diantara Tehnik basic yang perlu dikuasai dalam olahraga ketepatan ini ialah sikap berdiri atau istilahnya stand. Sikap ini ialah saat tempat berdiri dengan kaki tegap serta harus juga kuat menumpu di permukaan tanah. Di bawah ini ialah beberapa sikap berdiri dalam panahan:

A. SQUARE STANCE/EVEN/SEJAJAR

Pada sikap berdiri ini, kaki pemanah harus dalam keadaan terbuka, tetapi lebarnya harus dijajarkan dengan lebar pundak. Tempat kaki butuh dibikin sejajar lurus dengan garis tembak dengan pas.

Untuk beberapa pemula, dianjurkan agar bisa memakai tehnik sikap berdiri satu ini sampai 2 tahun sebelum coba sikap berdiri yang lain.

Sejajarnya langkah berdiri pemanah akan membuat sang pemanah lebih mudah untuk proses pengukuran garis lurus dengan sasarannya. Dalam soal ini, lihat waktu menarik atau pada tempat holding. Tetaplah menjaga badan masih dalam keadaan tegap walaupun badan akan condong bergerak supaya pelepasan tehnik selesai prima.

B. OPEN STANCE/TERBUKA

Pada tehnik sikap berdiri open stance ini, tempat kaki pemanah harus membuat pojok sebesar 450 derajat dengan garis tembak.

Tetapi pada tehnik ini, tempat tubuh lebih konstan daripada sikap berdiri awalnya, khususnya pada saat pemanah lakukan penarikan tali busur. Bahkan juga kepala akan tambah lebih santai lewat cara sikap berdiri ini.

Namun, beberapa pemanah pemula tidak dianjurkan untuk memakai tehnik sikap berdiri terbuka ini. Catatan penting di sini yaitu jika langkah berdiri semacam ini bisa dikerjakan serta disarankan pada beberapa pemanah tingkat lanjut. Bila telah punyai jam terbang lumayan tinggi, karena itu eksekusi untuk tehnik ini akan lebih prima.

C. OBLIQUE STAND/MIRING

Tehnik sikap berdiri setelah itu tempat miring alias oblique stand dimana tehnik ini tidak disarankan untuk dikerjakan oleh beberapa pemanah pemula alias yang masih belajar. Ini sebab pemula umumnya belum cukup kuat untuk menyokong badan waktu anak panah dilepaskan waktu ditembakkan.

Untuk lakukan tempat ini, kaki harus ditempatkan sejajar di antara satu dengan yang lain, tetapi tidak pada tempat yang lurus, tetapi lebih pada tempat miring dengan arah jam 3. Sering tempat ini tidak menyengaja dipraktikkan atau digunakan beberapa pemula walaupun baru coba olahraga ketepatan ini.

D. CLOSE STANCE/TERTUTUP

Untuk langkah berdiri dalam memanah seterusnya, ada close stance atau sikap berdiri tertutup dimana ini ialah kebalikan dari open stance atau sikap terbuka.

Untuk menerapkannya, pemanah butuh memosisikan kaki tidak membuat pojok 450 derajat, tetapi malah ke-2 kaki sama-sama menguatkan.

Kaki kiri tempat harus berada di sisi deban dimana arahnya dikit serong ke kanan, sesaat kaki kanan berada di sisi belakang dengan dikit seringkali ke kiri. Antara 4 tehnik sikap berdiri, sikap berdiri tertutup ini ialah yang dipandang terkokoh.

2. Nocking/Menempatkan Ekor Panah

baca juga Distributor Alat Olahraga di Jakarta
baca juga Pusat Distributor Alat Olahraga
baca juga Produsen Alat Olaharga di Indonesia

Nocking ialah tehnik pergerakan yang fundamental dalam olahraga ketepatan panahan dimana tehnik ini lebih pada peletakan atau masukkan ekor/ujung panah ke nocking poin atau anak panah ke tali busur serta menempatkan shaft atau gandar di sandarannya. Tersebut dapat dilihat langkah atau segi pada tehnik nocking yang butuh dikuasai tiap pemanah.

Yakinkan agar bulu indeks dibagian ekor panah menjauhi sisi bagian jendela busur.

Lihat apa ekor panah telah betul-betul masuk dengan pas ke tali.

Yakinkan anak panah atau nocking poin sudah masuk seutuhnya serta memang cocok di nock, sebab terbangnya anak panah pasti terusik jika anak panah begitu besar atau longgar.

3. Extend/Mengusung Lengan Busur

olahraga ketepatan

Pemanah profesional umumnya memakai tehnik extend saat mengusung lengan busur serta untuk lebih spesifiknya, pergerakan dikerjakan dengan lengan diangkat setinggi pundak dimana tangan penarik tali harus juga dalam tempat siap dalam aplikasinya.

Dalam tehnik ini, pemanah harus betul-betul dalam keadaan santai waktu menarik tali serta pemakaian 3 jari penting ialah yang sangat penting dalam penarikan tali busur, yaitu jari telunjuk, jari tengah serta tidak lupa jari manis.

Awalannya, tempatkan tali busur pada ruas-ruas jari pertama.

Beri desakan pada handle busur dengan cukup pada telapak tangan yang jadikan penahan busur.

Untuk lebih persisnya, desakan ada di tengah titik V yang ibu jari serta jari telunjuk bentuk pada lengan yang sedang menggenggam busur.

4. Hooking and Gripping Dalam Olahraga Ketepatan

baca juga Jenis Perlengkapan Dan Peralatan Latihan Sepak Bola
baca juga Mengenal Agility Ladder Olahraga
baca juga Apa Itu Cone Maker

Dalam memanah, tehnik hooking serta gripping harus juga benar supaya eksekusi berjalan mulus dengan tembakan yang tidak meleset.

Pergerakan memanah ini dapat dikerjakan dengan tempatkan atau mengkaitkan jari di tali setelah anak panah atau nocking poin yang telah dipasang dengan benar.

Letakkan tempat jari di tali serta tali busur sendiri butuh ada pada sendi pertama.

Jangan sesekali lakukan penempatan tali dibagian sendi pertama pada jari atas serta bawah.

Sebelum tembak, cek terlebih dulu tab tali di antara tempat jari di tab dan nocking poin.

Pakai pembatas jari hingga tempat benar serta lebih santai nanti.

olahraga ketepatan

5. Pola pikir Untuk Olahraga Ketepatan

Pola pikir adalah tehnik yang butuh dikuasai beberapa pemanah sebab ini terkait erat dengan konsentrasi dan konsentrasi saat akan tembakkan anak panah.

Segi satu ini adalah hal penting sebab seseorang pemanah waktu tembakkan anak panah harus benar-benar santai. Tiap pemanah butuh untuk melatih diri kita agar konsentrasi pada pekerjaan yang tengah dia mengmelawan agar waktu menerbangkan anak busur, ada bonus atau score yang prima.

baca juga Importir Alat Panahan

Kunjungi kami Disini Facebook

Kunjungi kami Disini Twitter

Silahkan Kunjungi Toko Kami Untuk Mendapatkan Harga Special Dan Berkualitas Dari Kami

Untuk Info dan keterangan lebih lanjut dapat langsung menghubungi kontak kami

Whatsapp : 0823 1141 1114

atau dapat langsung datang ke toko kami di

Alamat : Jl. Pulo Asem Utara 5 No. 18 Rt.010 / Rw.001, Kec. Pulogadung Kel. Jati, Rawamangun – Jakarta Timur 13220

importiralatpanahan.com

EMAIL : Sahabatolahraga@gmail.com

KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD FILE PDF

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

1 thought on “5 Tehnik Olahraga Ketepatan Panahan, Yang Harus Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Importir Alat Panahan
Send via WhatsApp